Sabtu, 12 Maret 2016

Nikmatnya liburan di Pulau Seulako - Sabang

Pulau Seulako-Merupakan pulau yang terkenal akan pemandangan bawah lautnya yang indah. Banyak para wisatawan yang sengaja datang kesini hanya untuk menyelam, menikmati taman bawah laut pulau Seulako ini.
Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 0,055 km2 dengan berbagai kehidupan biota laut di bawahnya yang masih sangat terjaga.
Lokasi dan Transportasi
Pulau Seulako ini terletak sekitar 23,5 Kilometer dari sebelah barat kota Sabang. Tepatnya berada di Teluk Sabang di sebelah selatan pulau Rubiah. Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung dapat terlebih dahulu menuju desa Iboih untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan boat.
Untuk menuju desa Iboih, pengunjung dapat menyewa kendaraan atau naik angkutan umum jenis L-300. Jika pengunjung akan menyewa kendaraan, maka dari kota Sabang, pengunjung dapat langsung menuju ke desa Iboih dengan memakan waktu sekitar 30 menit.
Harga sewa mobil sekitar Rp.400.000*) sudah termasuk mobil, bensin dan sopir dengan waktu sewa maksimal delapan jam. Jika pengunjung menggunakan kendaraan umum, maka pengunjung dapat naik angkutan umum dari pelabuhan Balohan.
Dengan membayar ongkos sekitar Rp.50.000*), pengunjung akan diantar sampai ke desa Iboih. Perjalanan dari Balohan sampai ke desa Iboih dapat ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit.
Setibanya di desa Iboih, pengunjung dapat menyewa peralatan selam dahulu, kemudian melanjutkan perjalanan ke pulau Seulako dengan menggunakan boat. Pengunjung dapat menyewa boat dengan harga sekitar Rp.200.000*). Perjalanan menuju pulau ini tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu sekitar 10 menit dari pantai Iboih.
Wisata Pulau Seulako selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan yang hobi menyelam ataupun sekedar snorkeling. Dapat dikatakan pulau ini merupakan surganya bagi para penyelam. Air laut yang sangat jernih dan kehidupan ekosistem biota di bawah laut pulau ini pun masih sangat bersih dan alami. Arus air laut di sekitar pulau ini sering berubah-ubah. Kadang bisa tenang, kadang juga bisa kuat, tergantung faktor keadaan cuaca.
Terdapat berbagai jenis batuan karang yang khas bentuknya serta beberapa jenis tumbuhan laut yang bisa di lihat tidak jauh dari bibir pantai pulau ini. Pada sela-sela batuan karang yang ditempeli oleh tumbuhan laut ini sering ditemui ikan-ikan kecil dengan berbagai bentuk dan warna.
Ikan ini sengaja berada disela batuan karang untuk berlindung ataupun sedang mencari makan. Jenis-jenis ikan yang ada di bawah laut pulau ini seperti angel fish, lion fish, sea fans dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya yang hidup disini dengan berbagai macam warnanya. Selain itu terdapat pula berbagai jenis hewan laut lainnya seperti gurita, snapper dan belut moray.
Pada bagian timur Pulau Seulako misalnya. Penyelam akan dapat melihat penyu dan berbagai macam jenis ikan laut langka yang berenang secara bergerombol. Begitu juga pada sisi barat pulau seulako ini, penyelam akan dapat melihat tebing-tebing batuan karang dengan bentuknya yang unik menyerupai seperti gua. Ada pula yang unik lainnya di dalam laut pulau ini.
Pada bagian timur bawah laut pulau terdapat bangkai kapal perang milik Jepang yang karam saat terjadinya perang dunia dua. Bangkai kapal ini dapat penyelam temui pada kedalaman sekitar 20 meter dan dapat dilihat dalam berbagai sudut pandang, karena lokasi bangkai kapal berada di tengah dasar laut.
Selain terkenal akan keindahan taman bawah lautnya, pemandangan di sekitar pulau ini juga tidak kalah menarik. Banyak dijumpai burung-burung yang terbang dengan bebasnya di dalam hutan pulau ini. Spesiesnya pun berbagai macam.
Jika pengunjung berniat berjalan keliling pulau Seulako ini, pengunjung pun dapat melihat sarang yang mereka buat pada ranting-ranting pohon hutan. Udara di pulau yang bersih dan sejuk serta suasana yang sepi dan sunyi sering dijadikan tempat bagi para wisatawan yang mencari ketenangan. Cahaya matahari di pulau ini tampak lebih indah pada pagi dan sore hari. Pengunjung dapat menikmati hangatnya matahari sambil berjemur di pasir pantai yang putih dan bersih.
Di pulau ini tidak terdapat penghuninya. Jika pengunjung masih betah berada di pulau ini, pengunjung dapat menginap di bungalow yang terdapat di desa Iboih. Di desa ini pula terdapat berbagai penjual makanan dan minuman.
Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan snorkeling, di desa ini terdapat pula tempat penyewaan alat menyelam dan snorkeling. Harga sewa peralatan snorkeling disini sekitar Rp.50.000*). Tips 1. Bawalah barang bawaan anda secukupnya, jangan sampai memberatkan perjalanan. 2. Datanglah ke pulau ini pada pagi hari, karena cuaca akan lebih bersahabat saat pagi hari dan waktu yang digunakan untuk penyelaman dapat lebih lama. 3. Saat penyelaman, ikuti instruksi yang diberikan pimpinan regu. Usahakan jangan sampai terpisah dari rombongan. 4. Bawalah bekal makanan dan minuman sebelum menuju pulau ini. 5. Bayarlah uang sewa boat pada saat sudah kembali ke desa Iboih.
Taman bawah laut pulau Seulako ini merupakan tempat yang sangat digemari bagi para penyelam. Jika anda penikmat olahraga menyelam, jangan lewatkan tempat yang satu ini. Kecepatan arus yang berubah-ubah akan menghadirkan tantangan tersendiri bagi penyelam. Selamat berlibur!
*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

#topexploreindonesia
#exploreindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar